Cara Membuat Bibit Buah Naga Dengan Mudah Menggunakan Biji

Cara Membuat Bibit Buah Naga

Untuk pertemuan kali ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat bibitbuah naga, saat ini keberadaan buah naga di pasaran sangat di minati oleh masyarakat, rasanya yang enak dan kandungan gizi yang bagus menjadi alasan utama bagi mereka untuk mengonsumsi buah ini. Kondisi seperti ini tentunya di sambut antusias oleh para petani buah, mereka berbondong-bondong menanam buah ini karena memang prospek jangka panjang yang sangat baik. Nilai plus pada buah naga adalah di percaya banyak orang memiliki banyak khasiat dan juga kandungan gizi yang baik, terutama buah naga isi merah fanta.
Buah Naga Yang Sudah Produksi
Buah naga memiliki umur yang sangat panjang di banding dengan tanaman buah lainnya karena pada dasarnya buah naga adalah sejenis tanaman kaktus. Seperti yang kita tahu bahka kaktus sangat cocok untuk di tanam di area mana saja, dapat bertahan pada musim panas dan akan berkembang pesat saat musim penghujan.
Budidaya Buah Naga Dalam Skala Besar
Seperti itulah gambaran sejenis tanaman kaktus apabila hidup di alam bebas dan tanpa ada perawatan yang di lakukan. Jadi kesimpulannya adalah buah naga sangat bagus apabila di budidayakan dan di lakukan perawatan, karena jika tidak ada yang merawat saja tanaman ini dapat bertahan dan berbuah di sepanjang tahun. Tentunya akan lebih luar biasa jika di lakukan perawatan dan pemupukan, sehingga media tumbuh akan subur dan buah yang di hasilkan akan berkualitas.
Buah Naga Kualitas Grade A+
Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki biji yang sangat banyak, kecil, lembut dan terasa renyah dan enak saat di kunyah. Jadi yang jadi pertanyaan apakah Anda suka mengosumsi buah naga baik di makan langsung atau di buat jus? Jika Anda menyukai itu maka apakah tidak terlintas di pikiran Anda untuk mencoba menanam buah naga di rumah?
Cara Membuat Bibit Buah Naga Dengan Mudah Menggunakan Biji
Menanam buah naga sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan buah naga ini dapat di tanam pada pot yang sudah di beri media tanah dan pupuk. Untuk menyiapkan media tumbuh baik pot atau lahan tentunya tidak ada masalah, namun biasanya yang menjadi hambatan adalah sulitnya menemukan bibit yang dapat di tanam.
Membuat Bibit Buah Naga Dengan Biji Pada Media Kapas dan Tanah
Masalah ini pasti akan muncul jika tidak ada tetangga/keluarga yang membudidayakan buah naga. Jika kita memiliki kerabat yang sudah mempunyai buah naga yang sudah berbuah maka malah sangat bagus, Anda tinggal memotong beberapa helai daun buah naga (seperti kaktus) dan menanamnya pada media yang telah di sediakan. Namun jika hal ini tidak di mungkinkan maka cara membuat bibit buah naga lainnya adalah dengan menggunakan biji, Ya, buah naga dapat berkembang biak dengan tunas dan juga biji.

Cara Membuat Bibit Buah Naga Dengan Biji

Bibit Buah Naga Yang Sudah Menjadi Kecambah Pada Media Penyemaian
Untuk mempercepat tingkat produksi memang sangat bagus menanam buah naga menggunakan stack, tapi dengan membuat bibit menggunakan biji tentunya tidak masalah dan pastinya rasa puas dalam hati Anda akan terpenuhi. Hati kecil kita akan mengatakan bahwa ini merupakan hasil karya Anda yang telah kita tanaman mulai biji hingga berbuah. Cara membuat bibit buah naga dengan biji ini sangat mudah, berikuat adalah caranya :
  1. Siapkan buah naga yang sudang matang, bisa membelinya di toko buah terdekat rumah Anda, jika yang akan kita ambil bijinya buah naga berkualitas grade A+ maka dapat membelinya di supermaket terdekat dan kalau bisa pilihlah buah naga yang isinya merah fanta.
  2. Kupas buah naga dan ambil dagingnya, tergantung kebutuhan bisa semuanya jika keperluan memang banyak atau separuhnya saja karena biji buah naga sangat banyak. Namun untuk mendapatkan kemungkinan tumbuh saya sarankan mencoba untuk kesemuanya saja.
  3. Sediakan ember yang sudah di isi air bersih, dan masukkan buah naga yang telah di kupas lalu remas-remas menggunakan tangan sehingga biji yang menempel pada daging terpisah. Pastikan biji sudah terpisah dengan dagingnya, kemudian jika di rasa sudah banyak yang terpisah maka buang airnya secara perlahan, dapat menggunakan saringan teh. Ulangi cara ini dengan mengganti air sampai biji benar-benar terpisah dari dagingnya karena hal ini bertujuan untuk mencegah pembusukan pada biji.
  4. Selanjutnya siapkan gelas bening atau dapat menggunakan gelas air minum bekas dan juga kapas atau kapuk yang nantinya akan di gunakan sebagai media penyemaian.
  5. Isi gelas bening tersebut dengan kapas/kapuk secukupnya, kemudian siram dengan air bersih (jangan terlalu basah, ini hanya bertujuan untuk membasahi kapas/kapuk saja).
  6. Jika pembuatan media penyemaian sudah selesai taburkan biji buah naga secara merata di permukaan media tersebut, lalu tutup gelas menggunakan plastik bening dan ikat dengan menggunakan karet. Penutupan ini bertujuan agar menjaga kelembapan pada media penyemaian  dan plastik bening bertujuan agar mudah di lakukan pengontrolan pertumbuhan biji.
  7. Tempatkan media penyemaian tersebut pada area yang lembab, biasanya biji buah naga akan tumbuh menjadi kecambah dalam waktu 5 sampai 10 hari, tunggu hingga agak besar dan selanjutnya bisa di pindah ke polybag. Tunggu setidaknya 3 minggu dan lakukan perawatan, jaga kelembapan tanah selanjutnya buah naga dapat di tanam pada media/lokasi yang di inginkan.
Baik mungkin seperti itu tentang cara membuat bibit buah naga yang tentunya sangat mudah, ingat buah ini merupakan sejenis tumbuhan kaktus, jadi sangat cocok untuk di tanam di taman atau di pot. Para ibu-ibu dapat mencoba cara ini untuk mengisi luang Anda di hari libur. Jika sudah berbuah buah naga akan selalu berbuah di sepanjang tahun, asalakan tidak mati. Jadi menanam buah naga saya kira sangat bermanfaat bagi siapa saja. Baiklah, cukup sekian pertemuan kali ini, semoga cara membuat bibit buah naga yang sobat lakukan berhasil dan tumbuh hingga berbuah, Salam Sukses Mitra Budidaya!!!

Demikian ulasan yang saya bagikan tentang Cara Membuat Bibit Buah Naga Dengan Mudah Menggunakan Biji, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Mengawinkan/Menjodohkan Jangkrik Agar Bertelur.